Sekilas Tentang Tumbuhan Obat Indonesia

Di Indonesia terdapat sekitar 1300 jenis tumbuhan yang bisa dijadikan pengobatan. Di setiap daerah mempunyai pengetahuan pengobatan tradisional dalam pemanfaatan tumbuhan obat untuk mengobati penyakit tertentu. Pengetahuan mengenai tumbuhan obat guna mencegah dan mengobati berbagai penyakit diwariskan secara turun temurun diberbagai etnis.

Selain Etnis, Juga banyak suatu kelompok seperti Mahasiswa, Pengusaha Jamu, Praktisi pengobatan alternative juga banyak yang menggali pengetahuan atau penelitian tentang tumbuhan obat. Kegiatan ini sangat diperlukan untuk mewujudkan pembangunan dalam bidang kesehatan masyarakat. Menjaga kesehatan serta pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu yang terjangaku oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah pemanfaatan tumbuhan obat Indonesia yang sesuai dengan slogan ”Kembali ke alam”

Sekilas Tentang Tumbuhan Obat Indonesia

Tumbuhan Obat Nusantara ingin mencoba berperan aktif mengenalkan pengobatan local seluruh etnis yang ada di Indonesia bahkan luar Negara. Ada kurang lebih 45 etnis yang telah terkumpul dalam pendataan pemakai tumbuhan obat Indonesia. Yang diselenggarakan oleh berbagai pihak seperti LIPI, IPB dan masih banyak yang lain.

Ikut serta berperan aktif dalam pengembangan tumbuhan obat dan memberikan pengetahuan tentang pengobatan secara alami, Mungkin sangat diharapkan agar terjaga kelestariannya. Karena semenjak kurangnya kesadaran akan kesehatan, Sekarang banyak tumbuh penyakit baru di masyarakat, Mengingat kurangnya minat dalam mengkonsumsi Jamu Tradisional dan dampak makanan atau miuman instan serta polusi udara yang tercemar.

Pengobatan alternative menggunakan tumbuhan obat disamping cenderung murah juga dampak efek samping relative rendah bahkan 0%. Pengobatan alami terkadang perlu proses yang cukup lama tapi kesembuhan bisa juga jadi sempurna tentunya.

Bukan hanya di Indonesia saja pemakai tumbuhan sebagai obat bahkan seluruh Asia, Seperti Malaysia, Philipna, Thailand, Taiwan, China, Korea juga Jepang. Dan sampai saat sekarang masih terjaga kelestariannya. Terbukti banyak jenis obat tradisional dari Negara tetangga yang beredar di pasaran umum.
Di Indonesia pun masih banyak peracik jamu tradisional yang masih berdiri bahkan jamu gendong masih tetap diharapkan kehadiranya di tengah masyarakat pada umumnya. Apalagi di daerah jawa masih banyak pemakai jamu sebagai pencegah penyakit atau sebagai pengobatan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Tentang Tumbuhan Obat Indonesia"

Posting Komentar